Pengertian Komunikasi Verbal
- Summary rating: 4 stars (2 Tinjauan)
- Kunjungan : 2105
- kata:900
Komunikasi verbal yaitu komunikasi
yang menggunakan kata-katadalam penyampaian pesan atau informasinya. Tentu saja
kata-kata yangterangkum tersebut harus menggunakan bahasa yang dipahami olehkonseli,
agar proses konseling menjadi mudah. Ada empat macam respon dalam komunikasi
verbal, yaitu: 1) Respon mendengarkan (listening respons)Respon mendengarkan
adalah hal yang membedakan antarakomunikasi dalam konseling dan komunikasi
biasa yang dilakukanantar individu. Dalam konseling, mendengarkan adalah
responmutlak. Karena terampil mendengar berarti konselor dapatmenghargai
konseli dengan baik. Mendengarkan di sini bukan hanyasekedar mampu
memperhatikan dengan seksama, tetapi mendengardalam arti yang sesungguhnya
tanpa evaluasi, penilaian, danpernyataan setuju atau tidak setuju. Respon
mendengarkan tediridari tiga proses, yaitu:”1) Penerimaan pesan, 2)
Pengelolaanpesan, 3) Pengiriman pesan.”Pesan yang disampaikan konseli merupakan
inti dari apa yangdirasakan, oleh karena itu penerimaan pesanpun menjadi
perhatian.Penerimaan baik, pengolahan sesuai, dan pengiriman kembali pesan
tersebut dapat dilakukan dengan tepat, itu idealnya. Berikut empatrespon verbal
mendengarkan dalam pengiriman pesan kembali:(a) Clarificationclarification
adalah respon verbal dengan kata-kata seperti: “Apakahyang anda maksud dalam
cerita tadi adalah….” (diisi dengan pesanyang disampaikan konseli). Hal ini
ditujukan untuk memastikanbahwa pesan yang diterima konselor sesuai dengan isi
pesan yangsesungguhnya.(b) ParaphraseParaphrase adalah respon verbal dengan
mengembalikan isi pesankonseli. Yang bertujuan memfokuskan isi pesan yang
sudahdisampaikan konseli, agar konseli lebih mengerti, serta memberikanstimulus
untuk lebih terbuka dalam menyampaikan pesan yangmasih terpendam.(c) Reflection
of feelingReflection of feeling adalah respon yang berkenaan dengan
maknaperasaan yang terkandung dalam pesan konseli. Tujuannya yaituuntuk
membantu konseli lebih mengenali perasaan-perasaannya danterntu saja memotifasi
untuk dapat mengungkapkan perasaanperasaanyang lain.(d) summarization
Summarization adalah penyimpulan dari paraphrase dan reflectionof feeling agar lebih sederhana lagi.2) Action responses18Respon ini berkenaan dengan persepsi dan hipotesis konseloratas pesan dan tingkah laku konseli. Tujuan umumnya adalahmenyadarkan konseli terhadap kebutuhannya untuk berubah melaluiFrame of reference (kerangka rujukan) yang lebih obyektif. Adaempat respon verbal dalam action respon ini, yaitu :(a) ProbeProbe adalah respon verbal berbentuk pertanyaan terbuka yangbiasanya dimulai dengan kata-kata: bagaimana, mengapa,dimana. Probe ini bertujuan agar wawancara dapat dibukadengan memberikan motifasi konseli untuk dapatmengungkapkan dirinya lebih dalam.(b) Ability potential responsesAbility potential responses adalah pernyataan yang menunjukkanpotensi konseli dalam melakukan sesuatu. Pernyataan inipastinya ditujukan agar konseli lebih mengerti segala potensi dankemampuan pribadinya.(c) Confrontation Confrontation adalah memberikan gambaran atas kemungkinankemungkinanyang dihadapi konseli, berdasarkan pesan yangtelah disampaikan dengan menghubungkannya dengan hal lain.(d) InterpretationInterpretation adalah penafsiran atas apa yang disampaikankonseli beserta tingkah lakunya. Tujuannya yaitu untukmengidentifikasi hubungan antara pesan dan tingkah lakukonseli.Keempat respon diatas adalah bagian dari bentuk motivasi yangdiberikan konselor kepada konseli agar dapat mengetahui diri pribadinyalebih dalam. Salah satu pertanyaan pembuka yang diutarakan olehkonselor menjadi awal dari keterbukaan konseli atas dirinya.Selanjutnya proses konseling dapat dilakukan lebih lanjut,sesuaipendekatan yang diperlukan.3) Teaching responsesDalam teaching responses, konselor berperan sebagai seorangguru yang mengajarkan segala hal baru yang meliputi tingkah laku,kesadaran, dan persepsi. Ada tiga bentuk teaching responses, yaitu:(a) Instructioninstruction adalah respon verbal untuk mengajarkan pada konselitentang : - apa yang ingin dilakukannya- bagaimana melaksanakannya- apa yang harus dilakukan dan jangan dilakukaninstruction bertujuan untuk memberikan informasi tentang apayang perlu dikuatkan atau dihilangkan, serta mempengaruhi ataumemberikan informasi tentang apa-apa yang harus dilakukan.(b) Verbal setting responsesVerbal setting response adalah suatu respon verbal yangmenjelaskan alasan mengenai penggunaan konseling atautreatment serta memahamkan kegunaan dari konseling atautreatment itu sendiri.(c) Information givingInformation giving adalah respon verbal tentang data-data ataufakta- fakta yang bertujuan mengidentifikasi alternatif-alternatif,lalu mengevaluasinya dan selanjutnya menghilangkan mitosmitosyang ada dalam pemikiran.4) Sharing and teaching responsesSharing dan teaching responses adalah respon yang mengungkapkankesamaan antara konselor dan konseli. Ada dua bentuk dari responini, yaitu :(a) Self disclosure
Summarization adalah penyimpulan dari paraphrase dan reflectionof feeling agar lebih sederhana lagi.2) Action responses18Respon ini berkenaan dengan persepsi dan hipotesis konseloratas pesan dan tingkah laku konseli. Tujuan umumnya adalahmenyadarkan konseli terhadap kebutuhannya untuk berubah melaluiFrame of reference (kerangka rujukan) yang lebih obyektif. Adaempat respon verbal dalam action respon ini, yaitu :(a) ProbeProbe adalah respon verbal berbentuk pertanyaan terbuka yangbiasanya dimulai dengan kata-kata: bagaimana, mengapa,dimana. Probe ini bertujuan agar wawancara dapat dibukadengan memberikan motifasi konseli untuk dapatmengungkapkan dirinya lebih dalam.(b) Ability potential responsesAbility potential responses adalah pernyataan yang menunjukkanpotensi konseli dalam melakukan sesuatu. Pernyataan inipastinya ditujukan agar konseli lebih mengerti segala potensi dankemampuan pribadinya.(c) Confrontation Confrontation adalah memberikan gambaran atas kemungkinankemungkinanyang dihadapi konseli, berdasarkan pesan yangtelah disampaikan dengan menghubungkannya dengan hal lain.(d) InterpretationInterpretation adalah penafsiran atas apa yang disampaikankonseli beserta tingkah lakunya. Tujuannya yaitu untukmengidentifikasi hubungan antara pesan dan tingkah lakukonseli.Keempat respon diatas adalah bagian dari bentuk motivasi yangdiberikan konselor kepada konseli agar dapat mengetahui diri pribadinyalebih dalam. Salah satu pertanyaan pembuka yang diutarakan olehkonselor menjadi awal dari keterbukaan konseli atas dirinya.Selanjutnya proses konseling dapat dilakukan lebih lanjut,sesuaipendekatan yang diperlukan.3) Teaching responsesDalam teaching responses, konselor berperan sebagai seorangguru yang mengajarkan segala hal baru yang meliputi tingkah laku,kesadaran, dan persepsi. Ada tiga bentuk teaching responses, yaitu:(a) Instructioninstruction adalah respon verbal untuk mengajarkan pada konselitentang : - apa yang ingin dilakukannya- bagaimana melaksanakannya- apa yang harus dilakukan dan jangan dilakukaninstruction bertujuan untuk memberikan informasi tentang apayang perlu dikuatkan atau dihilangkan, serta mempengaruhi ataumemberikan informasi tentang apa-apa yang harus dilakukan.(b) Verbal setting responsesVerbal setting response adalah suatu respon verbal yangmenjelaskan alasan mengenai penggunaan konseling atautreatment serta memahamkan kegunaan dari konseling atautreatment itu sendiri.(c) Information givingInformation giving adalah respon verbal tentang data-data ataufakta- fakta yang bertujuan mengidentifikasi alternatif-alternatif,lalu mengevaluasinya dan selanjutnya menghilangkan mitosmitosyang ada dalam pemikiran.4) Sharing and teaching responsesSharing dan teaching responses adalah respon yang mengungkapkankesamaan antara konselor dan konseli. Ada dua bentuk dari responini, yaitu :(a) Self disclosure
Self disclosure adalah respon verbal
yang dilakukan olehkonselor yaitu memberikan informasi tentang dirinya.
Tujuannyaagar suasana konseling menjadi hangat dan terbuka, sehinggakonseli
dapat mengungkapkan perasaannya, serta mampumempengaruhi perubahan tingkah laku
dan persepsi konseli.(b) ImmediacyImmediacy adalah respon yang menggambarkan
perasaankonselor mengenai konseli dan memberikan feed back darikonseling yang
dilakukan.Respon mendengarkan(listening respons),action responses atau
responyang berkenaan dengan persepsi dan hipotesis konselor atas tingkah laku
yangharus diubah oleh konseli,teaching responses atau respon yang
menunjukkanperan konselor sebagai guru yang mampu mengarahkan konseli
menjadipribadi yang lebih baik,dan sharing and teaching responses atau
perlunyarespon keterbukaan atas diri konselor agar proses konseling menjadi
nyamandan terbuka.Di atas adalah empat macam respon yang harusnya
menjadiperhatian bagi konselor.Karena masing-masing respon di
atas,memilikimanfaat sendiri sesuai dengan keunikkan masalah yang dialami
konseli.Selainitu, konselor juga memiliki kebebasan untuk menyesuaikan respon
apa yangdiberikan sesuai dengan pendekatan yang dilakukan.
|


0 komentar:
Posting Komentar